Lewati Navigasi

Akper Kesdam IM Banda Aceh Melaksanakan Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online

Dipublikasikan oleh Humas Akimba, 25 Juni 2020 12:28 WIB


www.akimba.com – Pelaksanaan ujian tulis dalam rangkat penerimaan mahasiswa baru di Akper Kesdam IM Banda Aceh tetap berlangsung, meskipun ada kebijakan seluruh masiswa diliburkan untuk menghindari pandemi corona.

Ujian dilaksanakan secara online, di mana calon masiswa mengerjakan soal ujian dengan smartphone atau laptop di rumah mereka masing-masing. Pengerjaan soal ujian menggunakan aplikasi CBT AKIMBA yang dikembangkan oleh Tim Information and Communication Technology (ICT) AKIMBA.

Ujian berlangsung pada hari senin tanggal 22 Juni 2020, Direktur Akper Kesdam IM Banda Aceh Ns. Wiwin Haryati, M.Kep mengatakan, Ujian dilakukan secara online untuk menghindari berkumpulnya calon mahasiswa di kampus.

“Ini penerapan kebijakan social distancing dari pemerintah. Jadi untuk ujian tulis dalam rangka penerimaan mahasiswa baru ini dilakukan secara online. Total, ada 307 calon masiswa yang mengikuti ujian tulis secara online online.

“Sebelum pelaksanaan ujian, kami sudah melakukan simulasi pagi harinya sebelum ujian dimulai. Untuk memastikan semua lancar, karena ujian online ini baru pertama kali diadakan,” tuturnya.

Meski calon mahasiswa mengerjakan soal ujian di rumah, namun kami memastikan, kesempatan untuk berbuat curang minim. Sebab ada batasan waktu mengerjakan yang tersistem.

“Tidak ada kesempatan nyontek, karena waktu pengerjaan yang terus berjalan. Ketika waktunya habis, maka akan tertutup otomatis,” jelasnya.

Untuk pemantauan ujian, dilakukan melalui server di kampus akimba. kelebihan sistem CBT AKIMBA, pemantauan bisa lewat server secara real time.

Calon mahasiswa Akper Kesdam IM Banda Aceh mengerjakan soal ujian secara online, dengan menggunakan smartphone atau laptop di rumah masing-masing, Senin (22/6/20). Pelaksanaan ujian tulis dalam rangka penerimaan mahasisiwa baru secara online ini baru pertama kali dilakukan.

Calon mahasiswa bisa diarahkan untuk mulai mengerjakan oleh Tim ICT melalui Whatsapp (WA) group. Nilai calon mahasiswa juga bisa langsung terlihat. Jadi sejak proses login, mengerjakan dan selesai, semua dapat terpantau.

“Namun masih ada kendala yang dihadapi sebagian besar peserta, yakni saat mulai mengerjakan tidak bisa serentak. Sebab tergantung kesiapan calon mahasiswa dan kesulitan login, karena dalam waktu bersamaan seluruh calon mahasiswa ingin segera login,” imbuhnya.(Msy)



Topik: Pendidikan
 
Akper Kesdam IM
Banda Aceh.
Mandiri Terampil Prima - Terakreditasi B LAM-PTKes

Tempat Mengabdi Dan Berkarya. Kampus kami terkenal sebagai kampus terbaik pilihan anak negeri dengan pengurus berpengalaman, tenaga pengajar dan non-pengajar yang profesional.