Lewati Navigasi

International Nursing Conference Sedot Animo Peserta Domestik dan Asing

Dipublikasikan oleh UPPM, 12 April 2017 18:25 WIB
DIPENUHI peserta. Inilah ”The 8-Th International Nursing Conference” yang diselenggarakan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, 8-9 April 2017. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Seminar internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berhasil menyedot perhatian kalangan ners baik dari dalam dan luar negeri. Seminar itu dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 April 2017, di di Gedung Kahuripan Lantai III Kantor Manajemen Universitas Airlangga, Kampus C Jl. Dr. Ir. Soekarno, Mulyorejo, Surabaya.

Dalam seminar yang dibuka resmi oleh Wakil Rektor III UNAIR Prof. M. Amin Alamsyah, Ir., M.Si., Ph.D., ini juga dihadiri oleh Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D., Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti, Kemenristek Dikti. Selain itu juga hadir Dekan Fakultas Keperawatan (FKp) UNAIR Prof. Dr. Nursalam, M.Ners (Hons). Prof. Ali Ghufron menyampaikan keynote speaker dengan tema “The Policy On Nurses and Health Worker Research-Based Development”.

Dekan FKp UNAIR Prof. Nursalam dalam sambutannya, antara lain mengatakan bahwa seminar ini dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas professi keperawatan (ners). Apalagi Indonesia termasuk negara yang relatif banyak menerima tawaran untuk mengisi pekerjaan sebagai ners. Karena itu wawasan dan caring perawat harus ditingkatkan.

Sementara itu menurut Elida Ulfiana, S.Kep., Ns., M-Kep., ketua panitia pelaksana, kegiatan ilmiah berkelas internasional ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Dies Natalis IX FKp UNAIR, dan tahun ini merupakan seminar internasional yang ke-8. Tahun ini mengetengahkan tema ”Education, Practice And Research Development In Nursing”. Tidak kurang 300 peserta tertarik mengikuti seminar ini, baik dari unsur mahasiswa (D3 sampai S3/Doktoral), perawat, bahkan beberapa peserta juga datang dari Malaysia dan Taiwan.

Tema tersebut dipilih, menurut Elida Ulfina, karena dalam keperawatan itu selain harus mengembangkan pendidikannya (ilmunya), penelitian, hingga praktik keperawatan secara nyata, yang dari waktu ke waktu terus berkembang. ”Jadi pengembangannya harus holistik, bagaimana kita mendidik calon ners, setelah itu bagaimana mengaplikasikannya. Bagaimana meng-update-nya, ya antara lain melalui riset-riset pengembangan,” kata Elida.

Bagusnya tema seminar juga menarik perhatian enam perguruan tinggi luar negeri yang menjalin kerjasama. Keenamnya adalah University College Cork (UCC) Irlandia, Flinders University (Australia), La Trope University Australia, Universitas Malaya Malaysia, dan Kaohsiung Medical University (KMU) Taiwan. Selain itu juga tujuh mitra FKp UNAIR di Indonesia, yaitu Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Surabaya, Poltekes Surakarta, Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Surya Mitra Husada Kediri, Stikes Pemkab Jombang, Stikes ‘Yarsi’ Mataran, dan Stikes ‘Ngudia Husada’ Bangkalan.

Pada seminar yang padat ini, di hari pertama saja tampil sebelas panelis. Diantaranya Dr. Chong Mei Chan (University of Malaya), Ya-Ping Yang, Ph.D (KMU Taiwan), Pauline Hill, RN, Dipp.App.Se(Nsg), BN(Ed), Med(St), Ph.D (Flinders University), Sonia Reisenhofer, RN, BN, Postgrad, Dip (Emergency Nursing), MCN (La Trope University), Prof. Eileen Savage BNS, M.Sc., Ph.D (UCC Irlandia), dan Dr. Joni haryanto, S.Kp., M.Si (FKp UNAIR).

Selain itu juga Prof. Dr. Nursalam, M.Ners (Hons) (UNAIR), Dr. Sestu Retno DA, S.Kep., M.Kes (Stikes Pemkab Jombang), Ferry Effendi, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D (UNAIR), Dr. Siti Nur Kholifah, M.Kep., Sp.Kom (Poltekes Kemenkes surabaya), dan Eva Agustina Yalestyorini, S.Kep., Ns., M.Kes (Stikes Surya Mitra Husada Kediri).

Pada hari kedua, Minggu (9/4) tampil enam pemrasaran, yaitu Bill Mc.Guiness, RN, Dip T, B Ed, MNS, Ph.D., FAWMA (La Trope University), Dr. Esty Yunitasari, S.Kep., M.Kes (UNAIR), Nunuk Dian Kurniawati, S.Kep, Ns, MANP (UNAIR), Dr. Kusnanto, S.Kep., M.Kes., Dr. Linda Sweet dan Dr. Kristen Graham (Flinders University).

Pada bagian akhir di hari kedua juga diadakan oral presentation dan presentasi poster. Bahkan untuk publikasi prosiding internasional saja, artikel yang masuk ke dalam proses reviewer (peninjauan) mencapai 103 naskah. Ini menunjukkan antusiasme peserta seminar ini. Setelah itu akan dipublikasikan pada atlantis press proceedings, dan yang terseleksis juga akan di-submid (dikirim ke server Web) ke Conference Proceedings Citation Index- Science (CPCI-S) dari Thomson Reuters. (*)

Penulis: Bambang Bes

Topik: Keperawatan

Informasi Kontak

Kampus Akimba
Jl. Mayjen T. Hamzah Bendahara - Lr. Bahagia
Banda Aceh, 23121
Tlp. : 0651 26583
akimabacid@gmail.com
 

Birokrasi
Jl. Mayjen T. Hamzah Bendahara - Lr. Bahagia,
Banda Aceh, 23121
Fax. : 0651 26583
akimabacid@gmail.com

Office of Marketing & Digital Communications
 
Akper Kesdam IM
Banda Aceh.
Mandiri Terampil Prima - Terakreditasi BAN PT

Tempat Mengabdi Dan Berkarya. Kampus kami terkenal sebagai kampus terbaik pilihan anak negeri dengan pengurus berpengalaman, tenaga pengajar dan non-pengajar yang profesional.