Lewati Navigasi

Pembukaan Pelatihan BT&CLS Akper Kesdam IM Banda Aceh

Dipublikasikan oleh Humas Akimba, 20 Januari 2020 17:47 WIB


Banda Aceh (20/01/20) –  Akademi Keperawatan Kesdam IM Banda Aceh kembali mengadakan pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Suport (BT&CLS), acara yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang di laksanakan oleh Akademi Keperawatan Kesdam IM Banda Aceh untuk membekali mahasiswanya guna memiliki pengetahuan dan skill di bidang kegawatdaruratan.  Pelaksanaan pelatihan BT&CLS berlangsung dari tanggal 20 s.d 24 Januari 2020.                                          

Kegiatan yang belangsung di Aula Akper Kesdam IM Banda Aceh dibuka oleh Kakesdam IM Kolonel CKM dr. Ismi Purnawan, Sp. JP (K) M.A.R.S. FIHA. Turut hadir tamu undangan Karumkit Tk II IM Kolonel CKM dr. Gaguk Prasetya, Waka Kesdam IM Letkol CKM dr. Handi Hernandi Yuliawan, Sp.M, Kasituud Kesdam IM Mayor CKM. Rasyid dan Ketua Yayasan YWBKH Perwakilan Aceh Said Jabar.

Kakesdam IM dalam sambutannya menyatakan bahwa Pelatihan BT&CLS merupakan pelatihan yang menyediakan suatu metode yang dapat dipercaya dalam penanganan kasus trauma dan kegawatan jantung.  Penanganan ini dapat dilakukan seorang perawat dengan cara menilai kondisi pasien secara cepat dan teliti, sebagaimana komitmen Millenium Development Goals (MDGs) terkait dengan pelayanan kesehatan yaitu menurunkan kematian yang dapat terjadi akibat trauma dan kecelakaan secara tiba-tiba pada masyarakat. Lebih lanjut kakesdam berharap melalui pelatihan BT&CLS ini, seluruh peserta dapat mempraktekkan sesuai dengan prinsip penanganan dan penilaian penderita, serta menerapkan pengkajian fisik pada pasien multiple trauma sesuai dengan konsep yang akan diajarkan nantinya.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan tahun ini adalah berjumlah 100 peserta diantaranya 91 peserta mahasiswa tingkat III Akper Kesdam IM Banda Aceh, 3 peserta Alumni Akimba, 4 peserta Alumni Akper Jabal Ghafur Sigli dan 2 peserta staf Rumah Sakit TK II IM. Direktur Akper Kesdam IM Banda Aceh Ns. Wiwin Haryati, M. Kep dalam sambutannya menyatakan Kegiatan pelatihan ini diadakan dengan tujuan memberikan bekal kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor terkait kegawatdaruratan bagi calon tenaga kesehatan, maupun tenaga kesehatan, dengan harapan setelah mengikuti kegiatan ini, peserta mampu menangani kasus – kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan untuk menghindari kematian yang seharusnya tidak terjadi.



Topik: Pendidikan
 
Akper Kesdam IM
Banda Aceh.
Mandiri Terampil Prima - Terakreditasi B LAM-PTKes

Tempat Mengabdi Dan Berkarya. Kampus kami terkenal sebagai kampus terbaik pilihan anak negeri dengan pengurus berpengalaman, tenaga pengajar dan non-pengajar yang profesional.